John Lennon Membuat Sejarah Gitar Gibson

Tertarik dengan sedikit hal-hal sepele gitar John dan George, Kalau begitu, baca terus tentang bagaimana John membuat sejarah gitar dengan Gibson J-160E-nya. Foto-foto awal The Beatles di Cavern Club yang terkenal di masa lalu menggambarkan band Teddy Boys yang agak dan kasar, memakai jaket motor kulit, jeans ketat, dan gaya rambut pompadour gaya lima puluhan – bukan ikon pel, atasan berpotongan bersih yang dibuat oleh manajer mereka , almarhum Brian Epstein. Ketika Epstein, seorang pengecer toko musik muda pertama kali mendengar The Beatles pada tahun 1962, suara mereka sama kasar dan kasarnya dengan instrumen mereka. Dengan visi yang luar biasa, dan sebagai syarat untuk mengelola grup, Epstein muda membuat keputusan cemerlang untuk meminta kelompok mengganti jaket kulit dan jeans mereka dengan jas Beatle yang sekarang ikonoklastik dan gaya rambut neo-Arthurian. Bersamaan dengan perombakan lemari, datanglah perombakan musik, yang berarti tidak hanya suara yang dimodifikasi, tetapi juga instrumen baru.

Dalam kasus Lennon, itu adalah gitar Gibson J-160E baru – warisan Lennon dan bab yang sangat istimewa dari sejarah gitar rock ‘n roll. Beberapa mitos penuh warna mengelilingi gitar Lennon; satu adalah bahwa itu dibeli dengan bantuan Epstein sebagai co-signer. Legenda lain adalah bahwa Epstein membeli masing-masing untuk John dan George, yang bertentangan dengan kisah bahwa John mendapatkan miliknya dari George!

Melalui cara apa pun John mendapatkan gitarnya, setelah menjadi begitu melekat padanya, alih-alih menggantinya, pada tahun 1967 Lennon membuat ulang veneer dalam desain psychedelic yang berwarna-warni. Namun, dalam waktu dua tahun, sekitar waktu pernikahannya dengan Yoko Ono, John membuat gitar dilucuti ke finish aslinya, tetapi kemudian melanjutkan untuk menghiasinya dengan karikatur dirinya dan Ono pada tubuh gitar selama 1969 “Bed-In mereka. untuk kedamaian.” Hari ini, Gibson Guitars bersama dengan pengesahan janda Lennon menawarkan replika Gibson J-160E, yang dengan tepat bernama gitar Gibson John Lennon J-160E Peace. Replika terlihat hampir identik dengan gitar asli – menampilkan desain tubuh bahu bundar, puncak kayu lapis Sitka cemara; punggung dan sisinya terbuat dari kayu mahoni. Gibson dengan bangga menyombongkan diri bahwa instrumen mereka menghasilkan nada seimbang yang terdengar penuh dengan nada hangat, nada rendah yang kaya, dan tertinggi yang segar dan sarat kehadiran.

John merekam dan menampilkan beberapa lagu Beatles favorit saya dengan model ini, termasuk, “Kamu Harus Menyembunyikan Cinta Anda” dari film, “Tolong!” Lagu ini dimainkan secara eksklusif dengan instrumen akustik, dengan John memetik pengantar akor G, yang membawa ke awal lagu. Itu berakhir dengan final seruling melodi. Lagu ini ditulis dalam kunci G mayor, dan dibangun di sekitar empat progresi akor utama G, D, F, dan C, dan disusun dalam waktu tiga perempat.

Apakah Anda seorang kolektor yang berbelanja untuk Gibson J-160E, musisi, penggemar Lennon, atau bahkan ketiganya, sekarang Anda juga dapat memiliki sebagian kecil dari sejarah musik Lennon. Jika Anda seorang musisi, juga penggemar Beatles, memainkan lagu-lagunya dengan replika ini mungkin akan membawa Anda ke ketinggian spiritual yang terinspirasi musik yang mungkin hanya Anda impikan.

ADD YOUR COMMENT

You must be logged in to post a comment.